Adsense

Thursday, June 9, 2016

Bialetti Brikka, si pembuat espresso tanpa listrik.



Brikka By Bialetti



Sudah beberapa bulan lamanya ngidam pengen punya Moka Pot, akhirnya saya memberanikan diri untuk beli alat penyeduh kopi manual : Brikka dari Bialetti. Setelah searching-searching tentang alat brewing manual yang mampu bikin espresso dengan crema yang oke, akhirnya tercetuslah Bialetti Brikka untuk jadi pilihan saya. Terdapat beberapa pilihan kapasitas mokapot antara lain 2 cup, 4 cups sampai 6 cups

Bialetti Brikka adalah alat penyeduh kopi buatan Itali yang emang nge'hits' banget di kalangan pecinta kopi, terutama yang pengen mainan kopi tanpa harus mengeluarkan biaya mahal untuk bikin espresso. Apa yang membedakan Moka Pot ini dengan yang lainnya? Bialetti Brikka ini punya valve di bagian atasnya sehingga kopi yang dihasilkan punya kualitas crema yang cukup baik dibandingkan dengan moka pot biasa. Valve yang ada pada Brikka membuat pressure dari proses brewing itu sendiri sehingga menghasilkan crema yang cukup tebal dan bertahan lumayan lama.

Mokapot with valve system
Tapi tentu, kita gak bisa menyamakan kualitas crema Brikka dengan crema yang dihasilkan dengan mesin espresso. Bagaimanapun juga dalam membuat kopi dengan manual brewer banyak variabel yang harus kita kontrol antara lain suhu, pressure, air dan lama penyeduhan. Variabel tersebut memang mudah kita kontrol dengan mesin espresso.   Tapi saya rasa Brikka ini cukup oke dalam meminimalisasi kegagalan dalam pembuatan espresso asal kita melakukan penyeduhan sesuai dengan manualnya.


Batas air perlu diperhatikan dalam pengisian wadah air mokapot ini. Hal ini akan berpengaruh kepada kualitas espresso yang dihasilkan. Dengan jumlah air yang tepat, kekentalan espresso akan dapat diperoleh dengan baik. Begitu pula crema nya. Selain itu perlu juga memperhatikan besar api saat memasak kopi di atas Brikka ini.

batas air untuk dimasukkan ke chamber air.

komponen Moka Pot : chamber air, filter, server

Crema yang dihasilkan dari system valve Brikka, tentu lebih sedikit dari batas air yang kita gunakan

enjoy the espresso

Crema yang dihasilkan cukup baik, meskipun kita tidak bisa membandingkannya dengan crema yang dihasilkan oleh mesin espresso.  
Sempat penasaran bagaimana espresso yang dihasilkan oleh mokapot diracik menjadi cappuccino. Ternyata hasilnya memuaskan.

Untuk anda yang ingin mencoba pengalaman pembuatan espresso tanpa mesin kopi mahal, tampaknya moka pot brikka menjadi alat yang tepat untuk memperolehnya dengan harga terjangkau.

Cappuccino dengan Mokapot Brikka


No comments:

Post a Comment

Comments system

Disqus Shortname