Adsense

Sunday, June 26, 2016

Seduh kopi nikmat dengan Hario V60

Salah satu cara penyeduhan kopi yang hasilnya sangat clean dan aromatic adalah melalui Hario V60. Alat ini merupakan hasil teknologi dari Hario yang dibuat oleh perusahaan Jepang. Jepang memang pusatnya teknologi untuk perkopian.

V60 sendiri dinamai demikian karena 'corong' yang digunakan untuk menyeduh kopi menggunakan sudut elevasi 60 derajat. Hal ini dibuat agar air dapat mengalir dengan baik ke tengah sesuai dengan waktu yang ditentukan. V60 juga memiliki lubang yang cukup besar di tengahnya sehingga membuat barista dapat mencapai rasa yang diinginkan sesuai dengan kecepatan aliran air yang dituangkan. Selain itu, pola spiral yang ada di permukaan corong V60 memungkinkan aliran air lebih merata dengan bubuk kopi di dalamnya. Well, terdengar agak rumit di telinga ya? Tapi kalau kamu sudah pernah mencoba sekali menggunakan metode ini, tidak sesulit yang dibayangkan kok. 

Penyeduhan kopi dengan V60
V60 banyak dijual di toko yang menyediakan peralatan kopi. Besarannya tergantung kebutuhan ada yang 1-2 cup sampai untuk 6 cup. Harganya beragam tergantung dari materialnya. Ada yang terbuat dari plastik maupun keramik. Mana material yang paling bagus? Sebenarnya itu tergantung pada cara penyeduhan anda. Pada dasarnya material yang digunakan tidak begitu signifikan terhadap rasa yang dihasilkan pada kopi. Namun memang, material yang terbuat dari keramik jauh lebih kokoh dan cantik dari pada plastik, bukan?
Paper filter juga merupakan satu aspek penting dalam penyeduhan ini. Terdapat beragam jenis paper filter V60 yang beredar di pasaran. Namun saya merekomendasikan paper filter dengan kualitas yang baik, ringan, dengan tekstur yang baik pula. Paper filter dengan bahan pewarna kertas yang terlalu banyak akan merusak rasa kopi dan juga menghasilkan aroma yang papery.

Barista menyeduh kopi dengan V60
Dalam melakukan penyeduhan V60 ini perlu diingat bahwa kualitas kopi adalah bahan yang paling utama. Apabila kopi yang kamu digunakan fresh, maka hasilnya pun akan lebih optimal dari pada kopi yang sudah digiling lebih dari 1 minggu. Selain itu, untuk mengoptimalisasi penyeduhan, biasakan gunakan timbangan/ scale serta termometer untuk memastikan suhu air yang kita gunakan tepat, sehingga tidak ada rasa burnt dalam penyajiannya.

Berikut cara penyeduhan V60
  1. Siapkan V60 serta paper filter nya di atas server. Apabila tidak ada server, bisa menggunakan mug.
  2. Tuangkan air panas ke atas paper filter agar rasa kertas hilang dari permukaan paper filter. 
  3. Selain itu air panas juga berguna untuk menghangatkan server/ mug yang digunakan agar panas yang dihasilkan oleh kopi lebih lama.
  4. Masukkan 20 gram biji kopi yang digiling dengan tingkat kehalusan medium coarse ke dalam filter, ratakan.
  5. Mulai penyeduhan dengan cara menuangkan 60 gram air panas dengan suhu 96 derajat Celcius.
  6. Aduk perlahan dengan sendok, biarkan blooming selama 35 detik.
  7. Lanjutkan dengan menuangkan air ke atas filter dengan arah memutar dari tengah ke luar, tanpa mengenai filter sampai 286 gram. Proses ini sebisa mungkin mencapai waktu 2 menit 30 detik.
  8. Setelah seluruh air surut, pindahkan filter, gerakkan server/ mug yang sudah terisi kopi dengan arah memutar agar seluruh cairan teraduk rata dengan konsisten.
  9. Kopi nikmat siap dinikmati.

Proses blooming V60
Angka-angka yang tertera dalam resep penyeduhan V60 ini bukanlah angka baku. Untuk memperoleh rasa yang lebih pekat, kamu bisa memainkan jumlah kopi yang diseduh, atau untuk memperoleh body yang maksimal, tingkat kehalusan dalam grinding coffee juga bisa di-tweak sesuai kebutuhan selama masih dalam batas karakteristik biji kopi yang digunakan.

Selamat mencoba dan menikmati kopi V60!

No comments:

Post a Comment

Comments system

Disqus Shortname