Adsense

Friday, July 22, 2016

Jenis-Jenis Penyeduhan Kopi : Automatic Brewing (Part 2)

Melanjutkan posting sebelumnya, mari kita bahas mesin pembuat kopi pada kali ini. Tentu saja pembuatkan kopi dengan mesin tidak se 'melelahkan' membuat kopi dengan menggunakan peralatan manual brewing. But again, it depends on the man behind the tools. Karena pada dasarnya membuat kopi menggunakan mesin sudah sangat terbantu oleh mesin itu sendiri.

Coffee machine dibagi menjadi beberapa jenis dari mulai yang low end sampai yang high end. Tentu kualitasnya pun sangat berbeda. Harga berkisar dari mulai ratusan ribu sampai ratusan juta. Semua itu tergantung dari tujuan penggunaannnya. Mari kita bahas mulai dari mesin yang paling sederhana.

Coffee Maker
Coffee Maker
Coffee maker adalah alat pembuat kopi yang sangat mudah diperoleh di mana saja. Untuk mesin yang paling sederhana, biasanya memiliki range harga sekitar 150 ribu sampai satu jutaan rupiah, sistem kerja alat ini juga sangat simple. Oleh karena itu jangan membahas tentang coffee notes, pressure, atau temperature dengan mesin ini. Cara kerja alat ini sangat sederhana. Kopi yang dimasukkan ke dalam filter kopi akan disiramkan oleh air panas yang dipanaskan oleh boiler. Just like that easy. Yang kita butuhkan hanyalah memasukkan kopi bubuk ke dalam filter, masukkan air matang (dingin), tekan tombol, dan beberapa menit kemudian mesin akan mengeluarkan kopi hitam ke servernya. Hampir semua jenis kopi bisa kita gunakan di mesin ini, but again, don't expect a good high quality of coffee you'll get. Pada dasarnya, mesin ini hanya membantu anda menyeduh kopi, dan menyaring ampasnya. 

Coffee Capsule
Salah satu coffee capsule
Malas menyiapkan bubuk kopi untuk mendapatkan secangkir kopi? Mungkin coffee capsule bisa anda gunakan. Anda hanya perlu memasukkan 'kapsul' yang berisi bubuk kopi ke dalam mesin tersebut. Tekan tombolnya, dan mesin akan mengucurkan air panas dengan pressure tertentu untuk menghasilkan kopi dari kapsul tersebut ke cangkir kopi anda. Kapsul yang digunakan berisi bubuk kopi yang sudah dikemas dan biasanya dipacking sesuai dengan jenis mesinnya. Tidak semua jenis coffee capsule memiliki bentuk yang sama. Bagi saya, hal ini sangat merepotkan. Kita hanya bisa menikmati satu jenis kopi saja yang sudah dikeluarkan oleh pabrikan. Saya lebih suka menggunakan coffee maker yang jenis kopi nya bisa saya pilih sendiri kuantitas dan jenisnya. Satu buah kapsul saja harganya sekitar 5 ribu rupiah sampai 15 ribu rupiah. Agak 'kemahalan' untuk secangkir kopi instan. But again, it's up to you.

Automatic Coffee Machine
Berbeda dengan jenis mesin kopi sebelumnya, coffee machine yang satu ini lebih 'menghargai' kesegaran kopi yang digunakan dengan cara menggiling biji kopi sebelum diseduh. Jenis mesin seperti ini jauh lebih mahal dari pada jenis sebelumnya karena selain menyeduh kopi, mesin ini harus juga menggiling kopi. Kita hanya perlu menekan satu tombol, dan muncullah espresso di hadapan kita. 
Automatic Coffee Machine
Jenis mesin seperti ini tersedia dengan harga belasan juta sampai ratusan juta rupiah. Tergantung kualitas konsistensi kopi nya. Pada gerai-gerai Starbucks di Indonesia, mereka juga seringkali menggunakan mesin yang sudah ada penggilingnya langsung, meskipun tidak semua kedai menggunakannya. But again, jenis mesin seperti ini bukan favorit barista. Mereka seringkali dikendalikan oleh mesin, padahal barista sangat membutuhkan peralatan yang bisa di-tweak sesuai dengan karakteristik biji kopi atau output yang mereka inginkan.

Semi Automatic/ Manual Espresso Machine
Mesin espresso seperti ini yang paling sering kita jumpai di kedai-kedai kopi biasanya. Harga dari mesin ini sekitar belasan juta sampai ratusan juta rupiah, tergantung kualitas dan kegunaannya. Barista sangat menyenangi jenis mesin seperti ini. Grinder yang digunakan untuk menggiling kopi juga dibuat terpisah. Memang, membuat kopi akan cukup 'melelahkan' karena mesin yang digunakan berbeda-beda. Namun tentu kualitas kopi akan lebih mudah kita kendalikan karena orang yang bermain di belakang mesin akan sangat mempengaruhi kualitas kopi tersebut. Dari mulai proses grinding, grind size, tamping, water pressure serta temperatur dapat dengan mudah di-adjust pada espresso machine manual. Untuk lebih lanjut mengenai mesin espresso, silakan baca postingan kami di sini.


Jadi, jenis mesin apa yang kamu inginkan?

No comments:

Post a Comment

Comments system

Disqus Shortname