Adsense

Thursday, June 23, 2016

French Press : Metode Manual Brewing untuk Body yang Maksimal


Suka dengan kopi yang pekat atau istilahnya 'full bodied?'. French press tampaknya bisa jadi metode yang tepat buat kamu menikmati kopi enak. Metode ini cukup mudah dan tidak membutuhkan peralatan canggih. Kamu bisa mendapatkan alat french press di mana saja, biasanya di toko serba ada atau di toko peralatan dapur. 

Metode French press sebenarnya bukan merupakan metode baru dalam penyeduhan kopi. French press, atau coffee plunger, sudah muncul di abad 18an namun penggunaannya belum memaksimalkan ekstrasi kopi yang perlu ketelitian dalam pembuatannya. Pada masa sekarang ini, french press masih populer dan menjadi pilihan pecinta kopi untuk memperoleh kopi dengan body yang baik. Hal ini terjadi karena lubang yang ada pada filter french press tidak serapat filter pada Hario V60 atau Chemex atau alat brewing lainnya. Semakin besar lubang filter, semakin banyak body kopi yang tidak tersaring. Hal ini yang membuat kopi terasa lebih 'kental' dan pekat.



Berikut cara penyeduhan french press. 

1. Giling kopi, bisa menggunakan grinder manual atau otomatis, dengan tingkat kehalusan medium coarse.
Timbang kopi dengan perbandingan 18 gram-20 gram untuk penyeduhan per 800 gram air.

Giling kopi dengan grinder
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan timbangan dalam menyiapkan grinded coffee dan air.

2. Panaskan air sampai dengan suhu kurang lebih 90 derajat celcius. Apabila tidak punya termometer, biarkan air panas 1 menit setelah mendidih. Suhu air kurang lebih akan mencapai temperatur yang sesuai. Air yang terlalu panas (di atas 100 derajat) akan membuat kopi menjadi burnt sehingga kehilangan karakteristik biji kopi di dalamnya.


3. Tuangkan bubuk kopi ke dalam french press, masukkan air panas secara perlahan sampai 1/3 terisi.
Biarkan kopi mengalami proses blooming, hal ini ditandai dengan keluarnya gas CO2 pada kopi sehingga menimbulkan buih. Proses blooming ini menandakan kualitas kopi yang kamu gunakan masih sangat fresh.

4. Lanjutkan mengisi air panas ke dalam french press, kemudian aduk rata.

5. Tutup frenchpress (jangan ditekan) dan tunggu sekitar 4 menit agar kopi secara optimal mengalami proses ekstraksi. Untuk hasil yang maksimal bisa menggunakan timer.
Jangan biarkan kopi terlalu lama direndam 

Pindahkan kopi ke server














6. Setelah 4 menit berlalu, tekan french press perlahan sampai ke dasar. Agar kopi tidak overextracted, pindahkan cairan kopi ke server atau langsung sajikan ke gelas. Kopi yang dibiarkan direndam terlalu lama akan terlalu 'matang' sehingga karakteristik kopi akan hilang.

7. Enjoy! 




Membuat foamed milk dengan French Press

Selain itu alat french press juga bisa digunakan untuk membuat teh dan mengentalkan susu lho! Bagi kamu yang ingin merasakan cappuccino atau latte tapi tidak punya frother untuk membuat foam pada susu, gunakan french press. Caranya sangat mudah, panaskan susu segar di atas api atau microwave dan jangan biarkan sampai mendidih. Setelah agak beruap, masukkan ke dalam french press dan tekan-tarik french press beberapa kali dengan cepat sampai volume susu akan bertambah. Udara yang dihasilkan dari pengocokan tersebut akan membuat susu mengembang dan teksturnya cukup baik untuk membuat latte atau cappuccino. Amazing!


credit to : www.sweetestkitchen.com

Tips membeli alat french press :

  • Pilih french press yang filternya menyentuh dasar wadah (tidak menggantung), agar pressure yang dihasilkan dalam ekstraksi kopi lebih maksimal
  • Pilih yang memiliki bahan solid dan clear seperti kaca, agar lebih mudah melihat proses blooming dan takaran air yang tepat.


No comments:

Post a Comment

Comments system

Disqus Shortname